Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah ta’ala berkata: “Jika orang yang sakit tidak mampu shalat dengan duduk, maka dia shalat dengan keadaan berbaring di atas salah satu sisi tubuh dalam keadaan menghadap kiblat, Dan sisi tubuh yang sebelah kanan lebih utama.¹
Namun jika dia tidak mampu menghadap ke arah kiblat, maka dia shalat menghadap ke arah mana dia menghadap, shalatnya sah, dan tidak perlu mengulang.
Jika dia tidak mampu shalat dengan berbaring di atas sisi tubuh, maka dia shalat dengan berbaring terlentang dengan kedua kakinya mengarah ke arah kiblat.
Jika dia tidak mampu untuk menjadikan kedua kakinya menghadap ke arah kiblat, maka dia shalat dengan ke mana arah kakinya mengarah, dan tidak perlu mengulang shalat.”²
? [Minal Ahkâm al-Fiqhiyyah Fith Thahârah Wash Shalâh, h. 27]
Catatan:
¹ Ini seperti posisi tubuh mayit dalam kubur. Dan jika dia berbaring di sisi sebelah kiri pun, maka tetap sah , namun dia telah menyelisihi Sunnah. (lihat Raudhathu at-Thalibin : 1/236 )
² Dia berbaring terlentang dan kedua kaki menghadap kiblat, dengan meninggikan sedikit kepalanya dengan bantal tidurnya; agar kepalanya terangkat dan mengarah ke arah kiblat.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
قال الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله تعالى :
فإن كان لا يستطيع الصلاة جالساً صلى على جنبه متوجهاً إلى القبلة، والجنب الأيمن أفضل، فإن لم يتمكن من التوجه إلى القبلة صلى حيث كان اتجاهه، وصلاته صحيحة، ولا إعادة عليه.
فإن كان لا يستطيع الصلاة على جنبه صلى مستلقياً رجلاه إلى القبلة، فإن لم يستطع أن تكون رجلاه إلى القبلة صلى حيث كانت، ولا إعادة عليه.
? (من الأحكام الفقهية في الطهارة و الصلاة صـ ٢٧)
?????????
? WhatsApp Salafy Cirebon
⏯ Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon
? Website Salafy Cirebon :
www.salafycirebon.com
? Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah