Ihram yang Anda lakukan ini sah, karena niatan umrah Anda timbul di Jeddah dan sebelum itu Anda tidak berniat untuk melakukannya. Anda juga tidak wajib membayar dam. Dalil pijakan masalah ini adalah hadits Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma, dia berkata,
“Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam menetapkan Dzulhulaifah sebagai miqat bagi penduduk Madinah, Juhfah sebagai miqat bagi penduduk Syam, Qarnulmanazil sebagai miqat bagi penduduk Najd, dan Yalamlam sebagai miqat bagi penduduk Yaman. Beliau bersaba, “Miqat-miqat tersebut adalah untuk para penduduk kawasan-kawasan tersebut dan untuk orang yang bukan penduduknya yang mendatanginya karena ingin menunaikan haji dan umrah. Dan barang siapa berada di kawasan setelah miqat-miqat tersebut, maka ihramnya adalah dari tempatnya berada, hingga penduduk Makkah pun berihram dari Makkah.” (Muttafaq `Alaih)
Hanya saja keumuman makna yang ditunjukkan hadits ini bahwa orang yang ingin berihram untuk umrah, maka dia berihram dari Makkah, tidaklah dipahami secara zahir, karena terdapat hadits yang menunjukkan bahwa orang yang ingin berihram untuk umrah dan dia berada di Makkah maka dia berihram dari Tanah Halal.
Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu `anha, dia berkata,
” Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam berhenti di kawasan melempar jamrah (yaitu di kaki gunung menuju Al-Abthah yang terletak antara Makkah dan Mina), lalu beliau memanggil Abdurrahman bin Abu Bakar dan beliau bersabda kepadanya, “Keluarlah dari Tanah Haram bersama saudarimu, agar dia berihram untuk umrah kemudian thawaf di Baitullah. Aku akan menunggu kalian berdua di sini.” Aisyah berkata, “Lalu kami keluar dari Tanah Haram. Kemudian saya berihram, lalu thawaf di Baitullah dan sai antara Shafa dan Marwah. Kami baru kembali dan berjumpa Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam yang sedang di tempat persinggahannya ketika tengah malam. Beliau bertanya kepada saya, “Apakah engkau sudah selesai melakukannya?” Saya jawab, “Ya, sudah.” Lalu beliau mengumumkan kepada para sahabat beliau untuk bergerak. Beliau meninggalkan tempat tersebut. Beliau melewati Baitullah. Beliau melakukan thawaf sebelum shalat Subuh, kemudian meneruskan perjalanan menuju Madinah.” (Muttafaq `Alaih)
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.