๐๐โ๐ป NGAJI KITAB TAUHID (BAG. 77)
*๐ Serial: Pembahasan Kitab Tauhid || Bab 16: Pembahasan Syafaat*
๐ Oleh: al-Ustadz Hari Ahadi ุญูุธู ุงููู
____
TAFSIR SURAH SABAสผ (AYAT 22-23)ยน DAN KESIMPULAN PEMBAHASAN SYAFAAT
ููุงูู ุฃูุจูู ุงููุนูุจููุงุณู: “ููููู ุงูููููู ุนูู
ููุง ุณูููุงูู ููููู ู
ูุง ููุชูุนูููููู ุจููู ุงููู
ูุดูุฑูููููู -ููููููู ุฃููู ููููููู ูุบูููุฑููู ู
ูููููุ ุฃููู ููุณูุทู ู
ูููููุ ุฃููู ููููููู ุนููููุงู ูููู- ููููู
ู ููุจููู ุฅููููุง ุงูุดููููุงุนูุฉูุ
ููุจููููููู ุฃููููููุง ููุง ุชูููููุนู ุฅููููุง ููู
ููู ุฃูุฐููู ูููู ุงูุฑููุจููุ ููู
ูุง ูุงู: ๏ดฟููููุง ููุดูููุนูููู ุฅููููุง ููู
ูู ุงุฑูุชูุถูู๏ดพ.
ููููุฐููู ุงูุดููููุงุนูุฉู ุงูููุชูู ููุธููููููุง ุงููู
ูุดูุฑููููููุ ูููู ู
ูููุชูููููุฉู ููููู
ู ุงููููููุงู
ูุฉูุ ููู
ูุง ููููุงููุง ุงููููุฑูุขู.
ููุฃูุฎูุจูุฑู ุงููููุจูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: ุฃูููููู ููุฃูุชูู ููููุณูุฌูุฏู ููุฑูุจูููู ููููุญูู
ูุฏูููุ ููุง ููุจูุฏูุฃู ุจูุงูุดููููุงุนูุฉู ุฃูููููุงูุ ุซูู
ูู ูููุงู ูููู: ุงุฑูููุนู ุฑูุฃูุณูููุ ูููููู ููุณูู
ูุนูุ ููุณููู ุชูุนูุทูุ ููุงุดูููุนู ุชูุดููููุนู.
ููุงู ูู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู: ู ููู ุฃูุณูุนูุฏู ุงููููุงุณู ุจูุดูููุงุนูุชููู ููููู ู ุงููููููุงู ูุฉูุ ูุงู: ู ููู ูุงู: ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ุฎูุงููุตุงู ู ููู ููููุจููู.
ููุชููููู ุงูุดููููุงุนูุฉู ููุฃููููู ุงููุฅูุฎูููุงุตู -ุจูุฅูุฐููู ุงูููููู-ุ ููููุง ุชูููููู ููู
ููู ุฃูุดูุฑููู ุจูุงูููููู.
ููุญููููููุชููู: ุฃูููู ุงูููููู ุณูุจูุญูุงูููู ูููู ุงูููุฐูู ููุชูููุถูููู ุนูููู ุฃููููู ุงููุฅูุฎูููุงุตูุ ููููุบูููุฑู ููููู
ู ุจูููุงุณูุทูุฉู ุฏูุนูุงุกู ู
ููู ุฃูุฐููู ูููู ุฃููู ููุดูููุนูุ ููููููุฑูู
ูููุ ููููููุงูู ุงููู
ูููุงู
ู ุงููู
ูุญูู
ููุฏู.
ููุงูุดููููุงุนูุฉู ุงูููุชูู ููููุงููุง ุงููููุฑูุขูู ู ูุง ููุงูู ููููุง ุดูุฑูููุ ููููููุฐูุง ุฃูุซูุจูุชู ุงูุดููููุงุนูุฉู ุจูุฅูุฐููููู ููู ู ูููุงุถูุนูุ ููููุฏู ุจูููููู ุงููููุจูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฃููููููุง ููุง ุชูููููู ุฅููููุง ููุฃููููู ุงูุชููููุญููุฏู ูุงููุฅูุฎูููุงุตู”. ุงููุชููู ููููุงู ููู.
โช๏ธ Abul โAbbas berkata,
Allah telah menyangkal segala alasan yang menjadi tumpuan kaum musyrikin terkait yang mereka sembah selain Allah, dengan menyatakan bahwa tidak ada seorang pun selain-Nya yang memiliki kekuasaan atau sebagiannya, atau yang menjadi pembantu Allah.
Dan (alasan) mereka [dalam berdoa kepada selain Allah] yang tersisa ialah untuk meminta syafaat. Tentang hal ini (syafaat), maka Allah telah menjelaskan bahwa syafaat tidak berguna kecuali bagi orang yang telah diizinkan untuk memperolehnya, sebagaimana firman-Nya (artinya), โDan mereka tidak dapat memberi syafaat, kecuali kepada orang yang diridai Allah.โ *(QS. Al-Anbiyaสผ: 28)*
[SYAFAAT YANG DIMINTA KEPADA SELAIN ALLAH TERTOLAK]
Syafaat yang disangka oleh orang-orang musyrik [dengan meminta dan menyembah selain Allah] itu tidak akan ada pada hari Kiamat; seperti yang disebutkan oleh Al-Qurสผan.
[SETELAH MENDAPATKAN IZIN DARI ALLAH BARULAH NABI ๏ทบ MEMBERIKAN SYAFAAT]
โข Nabi Muhammad ๏ทบ mengabarkan,
โBeliau (pada hari Kiamat) akan datang lalu bersujud kepada Allah dan menghaturkan segala pujian kepada-Nya.โ
Artinya, beliau tidak langsung memberi syafaat.
Setelah itu baru dikatakan kepada beliau, โAngkatlah kepalamu, berbicaralah niscaya ucapanmu pasti didengar, dan mintalah niscaya permintaanmu akan dikabulkan, dan berilah syafaat niscaya syafaatmu akan diterima.โ
[YANG AKAN MENDAPATKAN SYAFAAT IALAH AHLI TAUHID]
โซ๏ธ Abu Hurairah _radhiyallahu โanhu_ bertanya kepada beliau, โSiapakah orang yang paling beruntung mendapatkan syafaatmu?โ Beliau menjawab, โYaitu orang yang mengucapkan ‘Laa ilaaha illallaah’ dengan ikhlas dari dalam hatinya.โ
Syafaat yang ditetapkan ini diperuntukkan kepada orang-orang yang memurnikan tauhid dan ikhlas; dan dengan seizin Allah; bukan untuk orang yang menyekutukan Allah dengan selain-Nya.
[HIKMAH ADANYA SYAFAAT; [1] RAHMAT UNTUK YANG MENDAPATKANNYA DAN [2] KEMULIAAN BAGI YANG MEMBERIKANNYA]
Pada hakikatnya, hanya Allah yang melimpahkan karunia-Nya kepada orang-orang yang memurnikan tauhid dan keikhlasan tersebut, Dia memberikan ampunan kepada mereka dengan sebab doa orang yang telah diizinkan oleh Allah untuk memberi syafaat; untuk memuliakannya [pemberi syafaat] dan menempatkannya di tempat yang terpuji.
[SYAFAAT YANG TERTOLAK DAN YANG DITERIMA]
Jadi, syafaat yang ditiadakan oleh Al-Qurสผan adalah yang di dalamnya terdapat kesyirikan.
Untuk itu, Al-Qurสผan telah menetapkan dalam beberapa ayat bahwa syafaat itu hanya ada dengan izin Allah. Bahkan Nabi ๏ทบ pun sudah menjelaskan bahwa syafaat itu hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang bertauhid dan ikhlas karena Allah semata.
Selesai ucapan beliau.ยฒ
*ยน Al-Jamโu al-Mufid li Syarh Kitab at-Tauhid, hlm. 119.*
*ยฒ Kalimat yang berada dalam tanda kurang besar […] berasal dari kami untuk memudahkan pembaca memahami konteks penjelasan Imam Abul โAbbas Ibnu Taimiyyah _rahimahullah._*
๐ฎBoleh Join & Share :
http://t.me/ukhuwah_anak_kuliah
http://simpellink.com/medsosuakp
๐ฐ UKHUWAH ANAK KULIAH ๐ฐ
โขโข โโโโโโโโ โโฟโโโโโโโโโ โขโข