Fatwa Ulama
Fatwa Ulama oleh al-Lajnah ad-Daimah Lil Buhuts al-'Ilmiah wal Ifta'

seorang muslim tidak boleh menikahi perempuan lebih dari empat sekaligus

2 tahun yang lalu
baca 2 menit
Seorang Muslim Tidak Boleh Menikahi Perempuan Lebih Dari Empat Sekaligus

Pertanyaan

Al-Quran menunjukan bahwa seorang muslim tidak boleh beristri lebih dari empat wanita, lalu kenapa Rasullah shallahu 'alaihi wa sallam tidak berpedoman dengan apa yang ada dalam al-Quran, beliau menikahi lebih dari empat wanita?

Jawaban

Al-Quran membolehkan seorang muslim yang yakin bahwa dirinya dapat berlaku adil menikah dengan empat istri dan tidak boleh lebih. Al-Quran juga membolehkan Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam menikahi lebih dari empat istri. Kedua hukum tersebut adalah syariat dari Allah, dan motivasinya bukanlah hawa nafsu dan syahwat. Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَحْلَلْنَا لَكَ أَزْوَاجَكَ اللاتِي آتَيْتَ أُجُورَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ مِمَّا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَيْكَ

“Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu yang telah kamu berikan maskawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu.” (QS. Al-Ahzab: 50)

Sampai firman-Nya,

تُرْجِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُنَّ وَتُؤْوِي إِلَيْكَ مَنْ تَشَاءُ

“Kamu boleh menangguhkan (menggauli) siapa yang kamu kehendaki di antara mereka (isteri-isterimu) dan (boleh pula) menggauli siapa yang kamu kehendaki.” (QS. Al-Ahzab: 51)

Sampai firman-Nya,

لاَ يَحِلُّ لَكَ النِّسَاءُ مِنْ بَعْدُ وَلاَ أَنْ تَبَدَّلَ بِهِنَّ مِنْ أَزْوَاجٍ وَلَوْ أَعْجَبَكَ حُسْنُهُنَّ إِلا مَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ رَقِيبًا

” Tidak halal bagimu mengawini perempuan-perempuan sesudah itu dan tidak boleh (pula) mengganti mereka dengan isteri-isteri (yang lain), meskipun kecantikannya menarik hatimu kecuali perempuan-perempuan (hamba sahaya) yang kamu miliki. Dan Allah Maha Mengawasi segala sesuatu .” (QS. Al-Ahzab: 52)

Semua itu adalah syariat dari Allah ta’ala untuk Rasul-Nya dan umatnya yang harus diimani. Barangsiapa beriman kepada sebagian dan mengingkari sebagian yang lain, maka ia telah melakukan perilaku Yahudi yang beriman kepada sebagian yang ada dalam Al-Kitab dan mengingkari sebagian yang lain.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

Oleh:
al-Lajnah ad-Daimah Lil Buhuts al-'Ilmiah wal Ifta'