Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram, rukuk, dan bangkit dari rukuk termasuk sunah shalat. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh az-Zuhri dari Salim dari ayahnya berkata,
“Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, apabila hendak memulai shalat, mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua pundak dan apabila ia hendak rukuk dan setelah bangkit dari rukuk. Ia tidak melakukan hal itu dalam sujud.” (HR. Bukhari)
Bukhari berkata: Ali bin Madini berkata: berdasarkan hadis di atas, maka kaum Muslimin bisa mengangkat tangan. Dari Muhammad bin Amr bin Atha’ berkata,
“Aku telah mendengar Abu Humaid as-Sa’idi berkata di tengah-tengah sepuluh sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, seperti Abu Qatadah. Abu Humaid berkata: “Aku lebih mengetahui dari kalian tentang shalat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.” Mereka berkata: “Jelaskanlah!” Abu Humaid berkata: “Apabila Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam hendak memulai shalatnya, ia mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan kedua bahunya kemudian ia takbir hingga semua tulangnya kembali pada tempat semula dengan lurus lalu ia membaca (bacaan shalat) kemudian ia takbir sambil mengangkat kedua tangan sampai sejajar dengan kedua bahu lalu rukuk dengan meletakkan kedua telapak tangan di atas kedua lutut kemudian meluruskan (punggung dan kepala), tidak menundukkan kepala atau menengadah. Setelah itu ia mengangkat kepala sambil mengucapkan: “Sami’allahu liman hamidah.” Kemudian ia mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan kedua bahu sampai lurus. Lantas sepuluh sahabat tersebut berkata: “Kamu benar. Begitulah ia melaksanakan shalat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
Tirmidzi berkomentar bahwa hadis ini hasan sahih. Oleh karena itu, salat Anda sah, baik Anda mengangkat kedua tangan ketika takbir maupun tidak, karena mengangkat kedua tangan ketika takbir termasuk sunah. Seorang Muslim disyariatkan mengikuti sunah Rasulllah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, baik itu sesuai dengan mazhab atau menyalahinya.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.