Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata : “Ada beberapa perkara yang dapat membantu seorang hamba agar bisa bersabar menghadapi gangguan manusia :
Pertama : Hendaknya dirinya menyaksikan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah pencipta perbuatan hamba-hambaNya, baik gerak-gerik, diam maupun kehendak mereka.Apa yang Allah kehendaki pasti akan terjadi dan apa yang tidak Dia kehendaki pasti tidak akan terjadi.Tidaklah bergerak sekecil apapun di alam atas maupun bawah melainkan dengan izin dan kehendak-Nya.Hamba-hamba adalah alat.Maka lihatlah kepada Zat yang memberi kuasa mereka atas dirimu, dan janganlah dirimu melihat perbuatan mereka terhadap dirimu.Maka dirimu akan bisa beristirahat dari rasa cemas dan resah.
Kedua : Hendaknya dirinya memperhatikan dosa-dosanya.Bahwasanya Allah memberi kuasa mereka atas dirinya karena dosa-dosanya, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman (artinya) : “Dan apa yang menimpa kalian berupa musibah, maka itu karena tangan kalian dan Allah memaafkan banyak dari kesalahan kalian”.(Asy-Syura : 30)
Apabila seorang hamba memperhatikan bahwa segenap ketidakenakan yang menimpa dirinya disebabkan dosa-dosanya, maka ia akan tersibukkan dengan taubat dan istighfar dari dosa dibandingkan mencela, mencerca dan memaki mereka.Jika engkau melihat seorang hamba mencela manusia tatkala mereka mengganggunya dan tidak kembali kepada mencela dirinya sendiri dan istighfar, maka ketahuilah bahwa musibah yang menimpa dirinya adalah musibah yang hakiki.Jika ia bertaubat, beristighfar dan berkata : “Ini sebabnya adalah dosa-dosaku”, maka musibah itu menjadi nikmat bagi dirinya.Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu pernah berkata dengan permata kalimat : “Tidaklah seorang hamba itu benar-benar berharap kecuali kepada Rabb-nya dan tidaklah ia benar-benar takut kecuali terhadap dosanya”.
Diriwayatkan dari beliau (Ali, pen) dan selain beliau : “Tidaklah musibah itu turun kecuali karena dosa, dan tidaklah musibah itu pergi kecuali dengan taubat”.
Ketiga : Seorang hamba melihat baiknya pahala yang telah Allah janjikan bagi orang yang memberi maaf dan bersabar, sebagaimana Allah Ta’ala berfirman (artinya) : “Dan balasan dari perlakuan jelek adalah perlakuan jelek juga.Barangsiapa memberi maaf dan melakukan perbuatan yang lebih layak, maka balasannya di sisi Allah.Sesungguhnya Allah tidak mencintai orang-orang yang zalim”.(Asy-Syura : 40)
Tatkala manusia menghadapi gangguan itu ada 3 macam : Zalim dengan membalas melebihi haknya, pertengahan dengan membalas sesuai haknya dan berbuat baik dengan memaafkan dan membiarkan haknya diambil manusia, maka Allah menyebutkan 3 macam tersebut di dalam ayat ini.Macam pertama di ayat tersebut adalah golongan pertengahan, macam kedua adalah golongan yang bersegera dalam kebaikan dan macam ketiga adalah golongan yang zalim.
Hendaknya dirinya memperhatikan panggilan sang pemanggil pada hari kiamat : “…kecuali berdirilah siapa saja yang ditetapkan pahalanya oleh Allah”.Maka tidaklah berdiri kecuali orang yang memberi maaf dan melakukan perbuatan yang lebih layak.Seiring itu jika dirinya memperhatikan luputnya pahala karena melampiaskan kemarahan dan menuntut balas, maka mudah baginya untuk bersabar dan memberi maaf.
Keempat : Semestinya dirinya mengamati jika ia memberi maaf dan berbuat baik, maka hal itu akan mewariskan keselamatan hati terhadap saudara-saudaranya, bersihnya hati dari kecurangan, kedengkian, pelampiasan amarah dan niat jelek.Dari manisnya memberi maaf akan muncul apa yang menambah manis dan manfaat memberi maaf di dunia maupun akhirat, berlipat-lipat melebihi manfaat melampiaskan amarah.Hal ini masuk pada firman Allah (artinya) : “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik”.(Ali Imran : 134) Maka jadilah ia orang yang dicintai Allah dan keadaannya seperti orang yang diambil darinya satu keping uang perak lalu diganti dengan berkeping-keping uang emas.Maka ketika itu ia berbahagia karena kenikmatan yang Allah berikan kepadanya dengan sebesar-besar kebahagiaan.
Kelima : Selayaknya dirinya tahu bahwa tidaklah seseorang itu melampiaskan amarahnya melainkan akan mewariskan kerendahan pada dirinya.Jika dia memberi maaf, maka Allah Ta’ala akan memberi kemuliaan kepadanya.Ini adalah salah satu yang diberitakan oleh manusia yang jujur dan harus dipercaya (yaitu : Nabi) manakala beliau bersabda (artinya) : “Tidaklah Allah menambah pada seorang hamba karena memberi maaf melainkan kemuliaan”.Kemuliaan yang muncul karena memberi maaf itu lebih ia cintai dan lebih bermanfaat dibandingkan kemuliaan yang muncul karena melampiaskan amarah.Sebab, kalau yang ini adalah kemuliaan yang sifatnya lahiriah saja tapi mewariskan kerendahan pada batinnya.Adapun memberi maaf adalah kerendahan (sementara) dalam batin, namun nanti dapat mewariskan kemuliaan secara lahir dan batin.
Keenam : Yang ini termasuk faidah terbesar.Yaitu hendaknya dirinya menyaksikan bahwa balasan itu sesuai jenis amalannya dan dirinya adalah zalim serta berdosa.Barangsiapa memberi maaf kepada manusia, maka Allah akan memberi maaf kepadanya.Barangsiapa memberi ampun, maka Allah akan memberi ampunan kepadanya.Jika dirinya menyaksikan bahwa memberi maaf secara lahir atau batin dan berbuat baik seiring perlakuan jelek manusia kepadanya merupakan sebab Allah membalasnya, maka demikian pula hal itu sesuai perbuatannya, yaitu Allah akan memaafkan dan mengampuni dosa-dosanya.(Akhirnya) mudah baginya untuk memberi maaf dan bersabar.Cukuplah bagi orang yang berakal dengan faidah ini.
Ketujuh : Sepantasnya dirinya tahu jika jiwanya sibuk dengan pelampiasan amarah dan tuntutan hak, maka akan sia-sia waktu, hati tercerai berai dan luput kebaikan-kebaikan yang tidak mungkin diraih lagi.Bisa jadi akan lebih besar dibanding musibah dari manusia yang menimpa dirinya.Jika saja ia memberi maaf secara lahir atau batin, maka hati dan badan akan tenang melakukan kebaikan-kebaikan yang memang lebih penting dibanding melampiaskan amarah.
Kedelapan : Bahwasanya melampiaskan amarah dan menuntut hak adalah pembelaan terhadap pribadinya.Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam tidak pernah marah karena pembelaan terhadap pribadi beliau.Jika demikian keadaan sebaik-baik dan semulia-mulianya makhluk Allah, seiring gangguan terhadap beliau adalah gangguan terhadap Allah dan terkait dengan agama, lalu bagaimana diantara kita melampiaskan amarah demi pembelaan terhadap pribadinya ?! Yang tentunya dia lebih tahu tentang kejelekan dan aib pada dirinya.Bahkan orang yang mengerti, jiwanya tidaklah setara dengan pelampiasan amarah demi pribadinya dan tidak ada nilai pada jiwanya yang layak untuk dibela.
Kesembilan : Jika dirinya diganggu karena perbuatannya menjalankan agama Allah, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya, maka tetap wajib bersabar dan tidak perlu menuntut balas.Dirinya telah diganggu karena menjalankan agama Allah dan pahalanya di sisi Allah.Oleh karena itu para mujahid di jalan Allah yang kehilangan jiwa maupun harta tidaklah jiwa dan hartanya tersebut ditanggung oleh manusia.Sesungguhnya Allah-lah yang telah membeli jiwa dan harta mereka.Penetapan harga ditanggung oleh Allah, bukan manusia.Barangsiapa menuntut harga dari manusia, maka Allah tidak menetapkan harga kepadanya.Barangsiapa sirna karena di jalan Allah, maka Allah akan memberi ganti.Jika dirinya diganggu ketika ditimpa musibah, maka kembalilah mencela dirinya sendiri.Celaan terhadap diri sendiri akan menyibukkan dari mencela orang yang mengganggunya.Jika ia diganggu ketika diberi kenikmatan, maka hendaknya meneguhkan diri untuk bersabar.Sesungguhnya meraih kenikmatan tanpa bersabar merupakan perkara yang lebih pahit dibanding bersabar (ketika diganggu).Barangsiapa tidak bersabar terhadap panasnya terik waktu Zhuhur, derasnya hujan, dinginnya salju, beratnya perjalanan dan perompak jalanan, maka tidak ada tempat berdagang baginya.Ini adalah perkara yang telah dimaklumi di sisi manusia bahwa barangsiapa yang jujur dalam mencari sesuatu, maka diganti kesabarannya dalam mencari sesuatu sesuai kadar kejujurannya.
Kesepuluh : Melihat kebersamaan, kecintaan dan keridhaan Allah kepadanya jika dirinya bersabar.Barangsiapa yang Allah bersamanya, maka Allah akan cegah beragam gangguan dan bahaya kepada dirinya dengan pencegahan yang tidak akan bisa dilakukan oleh seorang pun dari kalangan makhluk-Nya.Allah Ta’ala berfirman (artinya) : “Dan bersabarlah.Sesungguhnya Allah akan bersama orang-orang yang bersabar”.(Al Anfal : 46). Allah juga berfirman (artinya) : “Dan Allah bersama orang-orang yang bersabar”.(Ali Imran : 146)
Kesebelas : Melihat bahwa sabar adalah setengah keimanan.Maka janganlah ia mengganti iman dengan sebuah balasan atas pembelaan terhadap pribadinya.Jika ia bersabar, maka ia telah menjaga dan membentengi imannya dari kekurangan.Allah akan membela orang-orang yang beriman.
Keduabelas : Menyaksikan bahwa sabar adalah penguasa, penakluk dan penjinak hawa nafsunya.Kapan saja hawa nafsu itu dapat dikuasai dan ditundukkan, maka hawa nafsu tidak akan berambisi untuk mengekang, menawan dan melemparkan dirinya ke dalam kebinasaan.Sebaliknya kapan saja dirinya menaati hawa nafsunya, mendengar dan tunduk kepadanya, maka senantiasa akan seperti itu hingga hawa nafsu membinasakan dirinya atau segera ia mendapat rahmat Allah.Jika tidaklah kesabaran melainkan bisa menundukkan hawa nafsu dan syaithan, maka kekuasaan kalbu akan menang, kokoh bala tentaranya, bahagia, kuat dan mampu mengusir musuh.
Ketigabelas : Mengetahui bahwa dirinya jika bersabar maka Allah akan menolongnya, tidak boleh tidak.Allah adalah pelindung bagi orang yang bersabar dan menyerahkan (urusan) orang yang menzaliminya kepada-Nya.Sedangkan barangsiapa membela pribadinya, maka Allah akan serahkan dia kepada hawa nafsunya.Justru jadilah dia yang menolong hawa nafsunya.Maka bagaimana seseorang yang penolongnya adalah Allah sebaik-sebaik penolong justru berubah menjadi seseorang yang penolongnya adalah hawa nafsunya selemah-lemah penolong ?!
Keempatbelas : Bahwasanya kesabaran terhadap seseorang yang mengganggunya dan bersedia menanggung beban menghadapi orang tersebut akan bisa membawa kepada rujuknya lawan dari kezaliman, penyesalan, permintaan maaf dan celaan manusia terhadapnya.Orang tersebut akan kembali setelah mengganggu dalam keadaan malu, menyesali apa yang telah dia lakukan dan bahkan bisa menjadi orang yang mencintai dirinya.Inilah makna firman Allah Ta’ala (lalu Syaikhul Islam menyebutkan Surat Fushshilat : 34-35, pen).
Kelimabelas : Bisa jadi melampiaskan kemarahan dan menuntut balas akan menjadi sebab bertambahnya kejelekan lawan, kuatnya hawa nafsu dan pikirannya untuk beragam gangguan yang dapat ia (lawan) timpakan kepada dirinya, sebagaimana hal ini sudah pernah disaksikan.Namun jika dirinya bersabar dan memberi maaf, maka ia akan aman dari dari mudharat tersebut.Orang yang berakal tidak akan memilih mudharat yang lebih besar dengan menolak mudharat yang lebih kecil.Betapa banyak melampiaskan amarah dan membalas kejelekan ternyata pelakunya (amarah dan balasan) lemah untuk menolak kejelekan tersebut.Betapa banyak jiwa, kepemimpinan dan harta hilang (dengan itu).Kalau saja orang yang terzalimi itu memberi maaf, niscaya itu semua (jiwa, kepemimpinan dan harta) akan terjaga.
Keenambelas : Bahwa barangsiapa yang biasa melampiaskan amarah dan tidak bersabar, maka pasti ia akan terjatuh pada kezaliman.Sebab, jiwa itu tidak merasa cukup dengan sekedar keadilan yang wajib, tidak merasa cukup secara pengetahuan maupun keinginan.Bisa jadi jiwa itu enggan untuk sekedar menuntut haknya.Sesungguhnya kemarahan akan mengeluarkan pelakunya kepada batasan yang ia sendiri tidak sadar apa yang ia ucapkan dan perbuat.Pada saat ia adalah seorang yang terzalimi yang semestinya menunggu pertolongan dan kemuliaan, ternyata ia berbalik menjadi orang zalim yang menunggu murka dan balasan Allah.
Ketujuhbelas : Bahwa kezaliman ini yang dirinya terzalimi dengannya adalah sebab dihapuskannya kesalahan dia dan ditinggikannya derajat dia.Namun jika ia melampiaskan amarah dan tidak bersabar, maka kezaliman tadi tidak akan menghapus kesalahannya dan tidak pula mengangkat derajatnya.
Kedelapanbelas : Bahwasanya pemberian maaf dan kesabaran termasuk pasukan terbesar meghadapi lawan.Sebab, barangsiapa bersabar dan memberi maaf, maka akan menyebabkan rendah, takut dan khawatirnya musuh kepada dirinya dan manusia.Sesungguhnya manusia tidak akan diam dari lawan sekalipun dirinya diam dari lawan.Namun jika dirinya melampiaskan amarahnya, maka hilanglah itu semua.Oleh karena itu engkau jumpai banyak dari manusia jika mencela atau mengganggu orang lain cenderung ingin menuntut haknya.Maka jika manusia sudah membalasnya, maka dirinya bisa beristirahat dan membuang beban yang sempat dia jumpai.
Kesembilanbelas : Jika dirinya memberi maaf lawannya, maka lawan akan merasa bahwa dirinya (orang yang memberi maaf dan kemuliaan) berada di atasnya dan meraih keuntungan.Senantiasa lawan melihat dirinya berada di bawah orang yang memberi maaf dan kemurahan.Cukuplah ini sebagai keutamaan dan kemuliaan memberi maaf.
Keduapuluh : Bila dirinya memberi maaf dan kemurahan, maka ini adalah kebaikan dan akan melahirkan kebaikan yang lain.Kebaikan yang lain akan melahirkan kebaikan yang lain lagi dan seterusnya.Senantiasa kebaikannya bertambah.Sebab, balasan suatu kebaikan adalah kebaikan, sebagaimana balasan kejelekan adalah kejelekan setelah itu.Bisa jadi ini adalah sebab keselamatan dan kebahagiaan abadi bagi dirinya.Namun jika melampiaskan amarah dan membela pribadinya, maka hilanglah itu semua”.
(Dialihbahasan dari Jami’ al-Masail 1/168-174 melalui situs www.sahab.net)