Dari Abu ‘Izzah, Yassar bin Abdillah al Hudzaly, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Sesungguhnya jika Allah menghendaki untuk mencabut nyawa seseorang di suatu tempat, maka Dia jadikan orang tersebut berada di tempat itu atau ada keperluan di tempat itu.”
Berkata asy Syaikh Zaid al Madkholy rahimahullah :
Dalam hadits ini terdapat penjelasan tentang salah satu ushul (pokok) keimanan. Ketahuilah bahwa pokok tersebut adalah mengimani waktu, tempat dan sebab terjadinya ajal, yaitu mengimani tempat, sebab dan waktu yang ruh seorang hamba dicabut pada ketiga keadaan itu. Dan bahwasanya Allah ‘Azza wa Jalla telah menetapkannya sejak zaman azali, sehingga tidak mungkin untuk dimajukan, diundur atau diselisihi.
Jadi, kalau Allah telah menetapkan bagi seorang hamba untuk meninggal di suatu tempat di timur atau barat jazirah Arab, maka pasti Allah jadikan untuk hamba tersebut sebuah keperluan ke negeri itu tersebut lalu diwafatkan disana. Dan ini adalah sesuatu yang tidak perlu diragukan oleh seorangpun, dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dia telah menciptakan makhluk-makhlukNya dan mampu membuat kemungkinan untuk memperjalankan makhluk-makhlukNya, baik yang kecil, besar atau jumlah yang banyak, ke tempat itu yang dia akan meninggal disana, pada waktu yang dia akan meninggal disana dan dengan suatu sebab yang dia akan mati dengannya. Tidak mungkin untuk diselisihi selamanya, dimajukan ataupun diundurkan.
Jika Allah menghendaki seorang hamba meninggal di tempat manapun, maka Dia jadikan adanya sebuah keperluan untuk hamba tersebut, lalu Dia memperjalankan hamba tadi ke tempat tersebut, kemudian dia diwafatkan di tempat yang telah Allah tetapkan untuk diwafatkan disana, dengan sebab yang ia meninggal dengannya dan pada waktu yang spesifik yang dia akan meninggal padanya.
Ini adalah diantara budi-pekerti iman yang seorang muslim tidak akan meragukannya selamanya.
‘Aunul Ahadis Shomad, Syarhul Adabil Mufrad, hal 408.
___________________
عن أبي عزة يسار بن عبد الله الهذلي ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال :
إن الله إذا أراد قبض عبد بأرض ، جعل له بها ،أو : فيها حاجة
قال العلامة زيد المدخلي رحمه الله:
فيه بيان أصل من أصول الإيمان، ألا وهو : الإيمان بوقت الأجل وبمكان الأجل وسبب الأجل ، أي الإيمان بالمكان وبالسبب وبالوقت الذي تقبض فيه روح العبد ، وأن الله عزوجل قد كتبها في الأزل ، فلا يمكن أن تتقدم أوتتأخر أو تتخلف ،
فلو كتب الله لعبد أن يموت في أرض الشرق أو الغرب من جزيرة العرب ؛ لجعل له حاجة إلى تلك البلاد فيقبض هناك، وهذا لا يشك فيه أحد ، والله على كل شئ قدير، خلق الخلائق ، وقدر ما يمكن أن يجري على كل مخلوق من مخلوقاته مما صغر أوكبر ، ومن جملة ذلك المكان الذي يموت فيه، والوقت الذي يموت فيه ، والسبب الذي يموت به ، لايمكن أن يتخلف أبدا أو يتقدم ويتأخر
فإذا أراد الله قبض عبد في أرض ما جعل له إليها حاجة، فسافر من أجل حاجته، فقبض في المكان الذي كتب الله أن يقبض فيه، وبالسبب الذي يموت به ، وفي الوقت المحدد الذي يموت فيه ،
فهذا من خصال الإيمان لا يشك فيه مسلم أبدا.
عون الأحد الصمد شرح الأدب المفرد ص ٤٠٨
▪▪▪▪▪▪ www.ittibaus-sunnah.net أصحاب السنة ASHHABUS SUNNAH