Atsar.id
Atsar.id oleh Atsar ID

syarah arbain an nawawi hadits ke-2 : islam, iman, ihsan

2 tahun yang lalu
baca 5 menit

BELAJAR HADITS ARBAสผIN NAWAWIYYAH (BAG. 2)
๐Ÿ“š Serial: Hadits 2 || Ilmu-ilmu Penting Tentang Islam

ุนูŽู†ู’ ุนูู…ุฑูŽ ุฑูŽุถููŠ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ุงู„ูŽ: ุจูŽูŠู†ูŽู…ุง ู†ูŽุญู’ู†ู ุฌูู„ููˆุณูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฐุงุชูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฅุฐู’ ุทู„ูŽุนูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ุง ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุดูŽุฏูŠุฏู ุจูŽูŠูŽุงุถู ุงู„ุซู‘ููŠุงุจูุŒ ุดูŽุฏูŠุฏู ุณูŽูˆุงุฏู ุงู„ุดู‘ูŽุนู’ุฑูุŒ ู„ุง ูŠูุฑูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽุซูŽุฑู ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑูุŒ ูˆูŽู„ุง ูŠูŽุนู’ุฑูููู‡ู ู…ูู†ู‘ูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒุŒ ุญุชู‘ูŽู‰ ุฌูŽู„ูŽุณูŽ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ููŽุฃูŽุณู’ู†ูŽุฏูŽ ุฑููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู‡ู ุฅูู„ู‰ ุฑููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู‡ูุŒ ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนูŽ ูƒูŽูู‘ูŽูŠู’ู‡ู ุนู„ู‰ ููŽุฎูุฐูŽูŠู’ู‡ูุ› ู‚ุงู„ูŽ: ูŠุง ู…ุญู…ู‘ูŽุฏูุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู ุงู„ุฅุณู’ู„ุงู…ู. ููŽู‚ุงู„ูŽ ุฑุณูˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: {ุงู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุดู’ู‡ูŽุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุชูู‚ููŠู…ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽุชูุคู’ุชููŠูŽ ุงู„ุฒู‘ูŽูƒูŽุงุฉูŽุŒ ูˆูŽุชูŽุตููˆู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุชูŽุญูุฌู‘ูŽ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชูŽ ุฅูู†ู ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูŽ ุฅูู„ูŠู’ู‡ู ุณูŽุจููŠู„ุงู‹}. ู‚ุงู„ูŽ: ุตูŽุฏูŽู‚ู’ุชูŽ. ู‚ุงู„ูŽ: ููŽุนูŽุฌูุจู’ู†ุง ู„ูŽู‡ูุŒ ูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูู‡ู ูˆูŽูŠูุตูŽุฏู‘ูู‚ูู‡ู. ู‚ุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู ุงู„ุฅูŠู…ุงู†ู. ู‚ุงู„ูŽ: {ุฃูŽู†ู’ ุชูุคู’ู…ูู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุชูู‡ู ูˆูŽูƒูุชูุจูู‡ู ูˆูŽุฑูุณูู„ูู‡ู ูˆูŽุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุขุฎูุฑูุŒ ูˆูŽุชูุคู’ู…ูู†ูŽ ุจูุงู„ู’ู‚ูŽุฏูŽุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽุดูŽุฑู‘ูู‡ูู}. ู‚ุงู„ูŽ: ุตูŽุฏูŽู‚ู’ุชูŽ. ู‚ุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ูŠ ุนูŽู†ู ุงู„ุฅุญุณุงู†ูุŸ ู‚ุงู„ูŽ: {ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุจูุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ุชูŽุฑูŽุงู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ุชูŽุฑูŽุงู‡ู ูุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุฑูŽุงูƒูŽ}. ู‚ุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ูŠ ุนูŽู†ู ุงู„ุณู‘ูŽุงุนุฉู. ู‚ุงู„ูŽ: {ู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุคููˆู„ู ุนูŽู†ู’ู‡ุง ุจูุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุงุฆูู„ู}. ู‚ุงู„ูŽ: ููŽุฃุฎู’ุจูุฑู’ู†ูŠ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู…ูŽุงุฑุงุชูู‡ุง. ู‚ุงู„ูŽ: {ุฃูŽู†ู’ ุชูŽู„ูุฏูŽ ุงู„ุฃูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽุจู‘ูŽุชูŽู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฑูŽู‰ ุงู„ู’ุญูููŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽุฉูŽ ุฑูุนูŽุงุกูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงุกูุŒ ูŠูŽุชูŽุทุงูˆูŽู„ููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุจูู†ู’ูŠูŽุงู†ู}. ู‚ุงู„ูŽ: ุซูู…ู‘ูŽ ุงู†ู’ุทูŽู„ูŽู‚ูŽุŒ ููŽู„ูŽุจูุซู’ุชู ู…ูŽู„ููŠู‘ู‹ุง.ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ุงู„ูŽ ู„ูŠ: {ูŠุง ุนูู…ูŽุฑูุŒ ุฃูŽุชูŽุฏู’ุฑููŠ ู…ูŽู†ู ุงู„ุณู‘ูŽุงุฆูู„ูุŸ}. ู‚ูู„ุชู: ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู. ู‚ุงู„ูŽ: {ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุฌูุจู’ุฑููŠู„ู ุฃูŽุชูŽุงูƒูู…ู’ ูŠูุนูŽู„ู‘ูู…ููƒูู…ู’ ุฏููŠู†ูŽูƒูู…ู’} 

ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…ูŒ.

Juga dari Umar radhiyallahu โ€˜anhu, beliau berkata:

Ketika kami duduk bersama Rasulullah ๏ทบ, ada seseorang yang datang; pakaiannya putih bersih dan rambutnya sangat hitam. 

Tidak terlihat ciri-ciri perjalanan jauh pada dirinya, tapi juga tidak ada seorang pun dari kami yang mengenalnya. 

Kemudian dia duduk menghadap Nabi ๏ทบ , menyandarkan lututnya kepada lutut beliau, dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas paha beliau. 

Orang itu bertanya, โ€œWahai Muhammad! Kabarkan kepadaku tentang Islam.โ€ 

Maka, Rasulullah ๏ทบ bersabda, โ€œIslam adalah Anda bersyahadat laa ilaaha illallaah dan muhammadur rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah jika Anda mampu menempuh jalannya.โ€ 

Lelaki itu berkata, โ€œEngkau benar.โ€ 

Kami heran terhadapnya, dia yang bertanya dia pula yang membenarkannya. 

Lelaki itu berkata lagi, โ€œKabarkanlah kepadaku tentang iman!โ€ 

Beliau menjawab, โ€œAnda beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari Akhir, dan Anda beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.โ€ 

Lelaki itu menjawab, โ€œEngkau benar.โ€ 

Dia berkata lagi, โ€œKabarkan kepadaku tentang ihsan!โ€ 

Beliau menjawab, โ€œAnda menyembah Allah seolah-olah melihatnya. Jika Anda tidak bisa, maka sesungguhnya Dia melihat Anda.โ€ 

Dia berkata lagi, โ€œKabarkan kepadaku tentang hari Kiamat!โ€ 

Beliau menjawab, โ€œYang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya.โ€ 

Dia berkata lagi, โ€œKabarkan kepadaku tentang tanda-tandanya.โ€ 

Beliau menjawab, โ€œJika seorang budak wanita melahirkan majikannya; dan jika Anda melihat orang yang tidak beralas kaki, tidak berpakaian, miskin, dan penggembala kambing saling bermegah-megahan meninggikan bangunan.โ€

Kemudian lelaki itu pergi. 

Berlalu beberapa waktu, Nabi bersabda, โ€œHai Umar! Tahukah kamu siapa yang bertanya?โ€ Aku menjawab, โ€œAllah dan Rasul-Nya lebih tahu.โ€ 

Beliau bersabda, โ€œSesungguhnya dia Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.โ€ 

Diriwayatkan oleh Muslim [8].

โœ… Petikan Hikmah dalam Hadits

1. Akhlak mulia Nabi Muhammad ๏ทบ yang perlu kita tiru. Beliau duduk dan membaur bersama para sahabat. Tidak menjauh dan menyendiri. Tidak merasa unggul dan di atas mereka. Beliau akrab dengan para sahabatnya. [Syarah al-โ€˜Utsaimin, hlm. 68].

2. Langkah keberhasilan awal untuk meraih ilmu yang bermanfaat ialah berhias diri dengan adab-adab ilmu. Seperti yang dicontohkan oleh Malaikat Jibril dalam hadits di atas. 

Beberapa adab majelis ilmu:

- Menggunakan pakaian yang rapi dan bersih. 

- Duduk dan melihat ke arah guru. Hati fokus memahami ilmu. 

- Tidak memikirkan perkara di luar ilmu. 

- Tidak bergurau atau melakukan kegiatan yang membuyarkan konsentrasi menyerap ilmu. [Al-Minhah ar-Rabbaniyyah, hlm. 32].

3. Dalam hadits di atas Rasulullah ๏ทบ dipanggil dengan namanya langsung; dan sambil berbicara orang itu memegangi paha beliau. 

Hal ini mengandung pesan bahwa: pengajar kebaikan tidak selayaknya enggan atau berat hati menyampaikan ilmu dikarenakan orang yang belajar kepadanya berperilaku kurang menyenangkan. 

Sebab ilmu adalah amanah, bukan miliknya sendiri. Ilmu harus disampaikan. 

Maka Jibril โ€˜alaihis salaam datang mengajarkan dua sikap sekaligus:

- untuk orang yang belajar;

- dan bagi pengajar. [Tuhfatul Muhibbin, hlm. 43-44].

4. Bertanya adalah salah satu kunci pembuka ilmu. Rasa malu atau gengsi bertanya tentang agama mesti dibuang. Karena sangat mungkin jika jawaban yang kita dapat menjadi sebab keberuntungan hidup hingga ke akhirat. 

Imam Mujahid bin Jabr rahimahullah berkata, 

ู„ุงูŽ ูŠูŽุชูŽุนูŽู„ู‘ูŽู…ู ุงู„ุนูู„ู’ู…ูŽ ู…ูุณู’ุชูŽุญู’ูŠู ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูุณู’ุชูŽูƒู’ุจูุฑูŒ. 

โ€œOrang yang malu dan orang yang sombong tidak akan mendalami ilmu.โ€ (Shahih al-Bukhari) 

5. Islam tidak hanya satu tingkatan. Ada Islam; lalu di atasnya ialah iman; kemudian yang tertinggi ihsan. 

Sebenarnya kata โ€œIslamโ€ saja sudah mencakup makna iman dan ihsan di atas. 

Tapi jika kata tersebut disebutkan bersama-sama: Islam, iman, ihsan; maka tiga kata ini memiliki arti masing-masing. Seperti pengertian yang disebutkan oleh Rasulullah ๏ทบ di atas. 

- Islam adalah amalan lahir. 

- Iman amalan batin. 

- Dan ihsan ialah kondisi yang lahir dari iman yang sangat kuat. Ia beribadah sampai tingkatan seakan-akan melihat Allah; atau beribadah dengan perasaan diawasi oleh Allah. 

6. Menyimak ilmu dengan baik membawa dua manfaat besar: 

- Paham ilmu; yang hasilnya bisa mengamalkan dengan tepat. 

- Mampu menyebarkan ilmu. Karena ia mengingat ilmu-ilmu yang telah didengarnya. Seperti Umar dalam riwayat di atas; beliau hafal pertanyaannya sekaligus jawaban-jawabannya. 

7. Murid boleh mendekat dan berbincang bersama gurunya. Hal ini bukan perbuatan tercela atau kurang beretika. Syaratnya: di waktu luang beliau; tidak berakibat waktu pentingnya terbuang. [Syarah al-โ€˜Utsaimin, hlm. 68].

8. Menjawab dengan โ€œtidak tahuโ€ pada permasalahan yang memang tidak ia tahu bukan kerendahan. Tidak menjatuhkan. Bukan hina, bahkan mulia. Ia jujur dengan kata-katanya: tidak tahu maka katakan tidak tahu. 

Bukti seseorang berilmu ialah menjawab dengan โ€œtidak tahuโ€ pada perkara yang memang tidak diketahuinya. Ia berilmu (tahu / sadar) bahwa dirinya memang tidak tahu. [Tuhfatul Muhibbin, hlm. 51].

9. Tanya jawab adalah salah satu metode pendidikan yang utama. [Taสผliqat Tarbawiyah, hlm. 3]. 

โ€Žโœ -- Hari Ahadi @ Kota Raja

t.me/nasehatetam

lo9