Pertanyaan:
Mau tanya, kalau perjalanan keluar kota dan mukim selama 2—3 hari, apakah boleh menjamak qashar dalam keadaan mukim ya? Atau bagaimana?
Selama seseorang masih berstatus sebagai musafir (orang yang sedang bepergian jauh), disyariatkan baginya untuk melakukan jamak dan qashar dalam shalat.
Tidak ada ketentuan batas jarak dan waktu safar dalam hal jamak dan qashar, menurut pendapat yang lebih kuat.
Baca juga: Shalat di Pesawat dan Jarak Safar
Abdullah bin Abbas radhiallahu anhuma berkata,
أَقَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تِسْعَةَ عَشَرَ يَقْصُرُ
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tinggal selama sembilan belas hari meng-qashar shalat (yaitu ketika safar).” (HR. al-Bukhari no. 1080)
Sahabat Jabir radhiallahu anhu berkata,
أَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِتَبُوكَ عِشْرِينَ يَوْمًا يَقْصُرُ الصَّلَاةَ
“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdiam di Tabuk (nama sebuah tempat) selama dua puluh hari dalam keadaan (tetap) mengqashar shalat.” (HR. Abu Dawud dan dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahih Sunan Abi Dawud no. 1094)
Demikian juga ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam safar ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji; beliau selalu mengqashar shalatnya selama perjalanan dan selama berada di sana. Hal ini disebutkan dalam hadits Ibnu Abbas radhiallahu anhuma yang dikeluarkan oleh al-Bukhari no. 1085 dan Muslim no. 1240.
Baca juga: Hukum Mengqashar Shalat dalam Safar
Demikian juga tekait dengan jarak. Seseorang tetap disyariatkan untuk mengqashar shalat, baik safarnya dekat maupun jauh, selama bepergian tersebut dikatakan sebagai safar secara penilaian ‘urf (kebiasaan masyarakat).
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,
“Ini adalah pendapat banyak ulama salaf (terdahulu) dan khalaf (belakangan), dan merupakan pendapat yang paling sahih secara dalil. Akan tetapi, perjalanannya tersebut harus teranggap sebagai safar secara ‘urf, misalnya dengan membawa bekal dan melewati gurun….” (Majmu’ al-Fatawa 24/15)
Selain meng-qashar, musafir juga disyariatkan atau dibolehkan menjamak antara shalat Zuhur dan Asar, serta menjamak shalat Magrib dan Isya; baik dengan jamak taqdim (diawalkan) atau jamak ta’khir.
Sahabat Muadz bin Jabal radhiallahu anhu berkata,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ، جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ، وَإِنْ يَرْتَحِلْ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ، أَخَّرَ الظُّهْرَ، حَتَّى يَنْزِلَ لِلْعَصْرِ، وَفِي الْمَغْرِبِ مِثْلُ ذَلِكَ، إِنْ غَابَتِ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ، جَمَعَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ، وَإِنْ يَرْتَحِلْ قَبْلَ أَنْ تَغِيبَ الشَّمْسُ، أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يَنْزِلَ لِلْعِشَاءِ ثُمَّ جَمَعَ بَيْنَهُمَا
“Ketika Perang Tabuk, manakala matahari sudah tergelincir sebelum Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ingin berangkat (melanjutkan perjalanan), beliau menjamak shalat Zuhur dan Asar (pada waktu Zuhur). Apabila beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan shalat Zuhur hingga beliau berhenti sejenak pada waktu Asar. Seperti itu pula yang beliau lakukan untuk shalat Magrib. Apabila matahari terbenam sebelum beliau berangkat, beliau menjamak shalat Magrib dan Isya (pada waktu Magrib). Jika beliau berangkat sebelum matahari terbenam, beliau mengakhirkan shalat Magrib sampai berhenti pada waktu isya, kemudian beliau menjamak keduanya.” (HR. Abu Dawud no. 1208 dan at-Tirmidzi no. 553 dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albani rahimahullah)
Baca juga: Hukum Menjamak Shalat dalam Safar
Menjamak shalat boleh dilakukan, baik sedang dalam perjalanan maupun sedang singgah di suatu daerah atau kota. Namun, jika dalam keadaan singgah (dalam waktu yang lama) hendaknya tidak dijamak walaupun tetap mengqashar. Sebab, melakukan shalat pada waktunya masing-masing itu lebih afdal. Demikian yang dijelaskan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam kitab Majmu’ Fatawa.
Hal ini tentunya lebih sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika ditanya oleh sahabat Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu,
أَيُّ العَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟
“Amalan apa yang paling dicintai oleh Allah?
Beliau menjawab,
الصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا
“Shalat pada waktunya.” (HR. al-Bukhari no. 527 dan Muslim no. 139)
Baca juga: Waktu-Waktu Shalat
Kesimpulannya, seorang musafir boleh menjamak dan mengqashar shalat. Dia juga boleh hanya mengqashar tanpa menjamak shalat.
Wallahu a’lam bish-shawab.